GRATIS ONGKOS KIRIM

Selasa, 12 Januari 2016

Penyebab Keputihan Pada Wanita Hamil

Penyebab keputihan pada wanita hamil - Setiap wanita selain mengalami masa menstruasi juga mengalami hal yang disebut dengan keputihan. Keputihan adalah salah satu hal yang wajar terjadi pada seorang wanita jika bentuk dari keputihan itu berwarna kekuning-kuningan atau bening dan agak kental atau encer. Tapi, ketika keputihan yang dialami oleh seorang wanita berbau, cairan yang keluar lengket, berwarna kuning atau juga kehijauan atau bahkan bercampur dengan darah, menimbulkan rasa gatal-gatal pada organ kewanitaan, berasa nyeri dan panas saat anda buang air kecil, maka keputihan yang anda alami adalah tidak wajar alias abnormal. Jika anda mengalami hal seperti itu anda sudah seharusnya menghubuungi dokter untuk memeriksakan diri anda. Seorang ibu hamil utamanya, sering sekali mengalami keputihan yang terjadi paling sering pada trimester awal kehamilannya alias keputihan saat hamil muda. Nah, jika anda, seorangibu hamil mengalami keputihan yang abnormal, ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter atau bidan untuk dapat menjaga stabilitas dirii anda ketika sedang hamil. Keputihan yang berlebih dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan janin yang ada dalam perut ibu hamil usia muda.

Penyebab Keputihan Ketika Hamil Muda

Keputihan yang seringkali dialami ibu hamil muda ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya yakni disebabkan oleh karena kurang terjaganya kebersihan organ intim si ibu hamil. Menjaga kebersihan organ intim adalah suatu hal penting yang wajib dilakukan oleh semua wanita, tak hanya seorang ibu hamil saja sebenarnya. Selain karena kurang terjaganya kebersihan organ inti wanita saat sedang hamil, penyebab lainnya adalah karena faktor psikologis. Faktor psikologis ini dapat memicu terjadinya perubahan hormon seorang wanita dan kemudian dapat membuat seorang wanita mengalami keputihan. Seorang ibu hamil tak hanya mengalami keputihan saat hamil muda, tapi ada jugga yang mengalami keputiihan sampai dengan masa trimester akhir kehamilannya. Nah, oleh karena itu bagi ibu hamil sering sekali seorang bidan atau dokter menganjurkan agar ibu hamil menjaga kondisi psikologisnya. Jangan sampai ibu hamil mengalami banyak masalah berat yang dapat memicu stres dan dapat menyebabkan keputihan berlebih yang dapat menggangu janin dan kenyamanan dirinya sendiri.
Para pembaca setia, setelah kita mengetahui apa-apa saja yang menjadi faktor penyebab keputihan yang terjadi saat hamil muda, kita juga tentunya harus mengetahui dong bagaimana cara mengatasi masalah keputihan saat hamil muda agar tetap dapat menjaga kestabilan diri ketika hamil muda dan tidak terjadi hal-hal yang tak kita inginkan dengan kehamilan kita.

Ciri-ciri Keputihan pada Ibu Hamil

Seperti kebanyakan pada wanita Indonesia yang sering menganggap keputihan adalah hal biasa , padahal keputihan merupakan salah satu tanda terjadinya masalah kesehatan pada alat reprooduksi. Begitu juga pada ibu hamil, ciri-ciri keputihan yang merupakan perubahan normal kehamilan (fisiologis) yaitu berwarna bening  keputihan, keputihan tidak berbau , tidak membuat anda  gatal dan tidak terasa nyeri. Akan tetapi jika anda mengalami ciri-ciri di bawah ini , hati –hati ini merupakan perubahan abnormal kehamilaan yang membutuhkan penanganan serius :
  1. Cairan berwarna putih kekuning-kuningan bahkan sampai kehijauan atau kekuningan
  2. Cairan lebih kental dan lengket
  3. Memiliki jumlah yang banyak
  4. Rasa gatal yang tidak tertahankan
  5. Berbau tidak sedap
  6. Pada sekitar vagina berwarna kemerahan

Adapun penyebab dari keputihan pada ibu hamil dapat disebabkan adanya infeksi kuman penyakit atau gangguan kehamilan. Infeksi ditimbulkan oleh bakteri, jamur, parasit atau virus. Adapun pada masa awal kehamilan sampai dengan terjadinya persalinan sering terjadi keputihan yang disebabkan  Jamur Candida sp yang  merupakan  penyebab infeksi pada ibu hamil. Pada masa terakhir kehamilan merupakan kelembapan tertinggi yang menyebabkan jamur candida sp meningkat  berpeluang besar menyebabkan infeksi. Jamur candida sp dapat ditimbulkan karena penurunan imunitas. Selain jamur, Trichomonas vaginalis metupakan protozoa penyumbang infeksi yang menyebabkan berwarna kuning kehijauan, berbau tidak sedap, cairan kental dan menimbulkan nyeri saat berhubungan dan saat berkemih.  Adapun bakteri penyebab keputihan saat hamil yaitu bakteriosis vaginalis (BV) ciri-ciri keputihan yang disebabkan bakteri ini adalah cairan berwarna putih keabu-abuan, berbau tidak sedap, dan pada dasarnya mengalami nyeri pada daerah kewanitaan. Virus juga dapat membuat anda mengalami keputihan , pada ibu hamil human papiloma virus (HPV) yang menyebabkan timbulnya kutil pada sekitar daerah kemaluan

Adapun beberapa tips yang dapat dilakukan ketika ibu hamil mengalami keputihan

  1. Menjaga kebersihan vagina
  2. Mengeringkan bagian vagina
  3. Menggunkan celana dalam terbuat dari bahan katun
  4. Jangan menggunakan pantyliners
  5. Jangan terlalu menggunakan obat kewanitaan secara sering
  6. Hindarilah melakukan douche vagina

Untuk ibu hamil jika mengalami keputihan abnormal dengan ciri ciri di atas maka segerelah konsultasikan dengan dokter , jangan merasa malu atau pun segan karena hal itu justru akan membuat ibu hamil mengalami gangguan kesehatan yang berpengaruh pada janin yang sedang dikandung.

Text Widget

Perum Wijaya Permai 2 Blok B No. 11 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya

Jawa Barat, Indonesia

Popular Posts

Pages

obat asam lambung

Cara pemesanan vig power

cara pemesanan tricajus

Chat With Customer Care

Pemesanan Vig Power Capsule : 0821.1960.2100

Layanan Konsultasi : 0821.1960.3637

tricajus

Pesan Via SMS, Ketik :

VIG-NV : Jumlah Pesan : Nama : Alamat : No.Telp/Hp

Kirim ke : 0821.1960.2100

Ketahui Selengkapnya : disini


Barang Sampai Baru Bayar !